Urban Social Forum 2017

 

Urban Social Forum adalah acara tahunan yang menginjak tahun kelima penyelenggaraannya. Forum ini, perdana diselenggarakan tahun 2013 dan 2014 di Solo, Jawa Tengah, forum ketiga diadakan di Surabaya, dan keempat di Semarang, Jawa Tengah. Sejak tahun pertama, Urban Social Forum kian berkembang; dari sekitar 100 orang peserta hingga, di tahun 2015 mencatat partisipasi dari lebih dari 1,000 orang dari 30 kota di Indonesia dan Asia. Perkembangan ini menyiratkan kepedulian yang semakin tinggi oleh masyarakat dan organisasi masyarakat sipil di Indonesia untuk terlibat dalam diskusi dan debat ide tentang usaha-usaha meningkatkan kualitas kehidupan perkotaan, sekaligus berembuk guna mencari solusi alternatif untuk menyelesaikan kompleksitas masalah perkotaan di Indonesia.

Dalam kegiatan Urban Social Forum kali ini, Pusat Studi Hak Asasi Manusia berkolaborasi dengan Pusat Studi Energi Terbarukan, dan Pusat Studi Lingkungan sebagai pemateri yang mengkaji isu terkait kota sehat.

Lingkungan yang sehat merupakan kondisi yang penting bagi kota. Dengan lingkungan yang sehat, kehidupan warga kota dapat menjadi lebih berkualitas dan lebih produktif. Salah satu persoalan serius yang dihadapi oleh kota-kota saat ini adalah tingginya volume sampah yang tak terkelola dan penggunaan energi yang tak ramah. Persoalan ini ditunjang dengan masih sedikitnya warga kota yang sadar akan kota yang sehat; kota yang dapat mengendalikan sampahnya dan kota yang mengoptimalkan sumber energi bersih bagi kehidupannya. Salah satu karakter kota yang diimpikan bersama, dan sesungguhnya sangat mungkin diwujudkan, adalah kota yang sehat. Kota yang sehat dapat terwujud oleh karena partisipasi warga kota dalam mengelola sampah rumah, komunitas, dan kota; dalam mengelola sumber energi bersih dan berperilaku hemat energi; dan dalam membangun kesadaran kolektif akan hidup di kota yang sehat sebagai hak warga atas kota. Untuk informasi lebih lengkap terkait forum ini,silahkan klik link download booklet dibawah :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *